Tuesday, February 15, 2011

PONOROGO : Ini Jalan atau Comberan

Ini Jalan atau Comberan 
Selasa, 01-02-2011 13:38:08
Dua Titik Ponorogo-Pacitan Rusak Parah
PONOROGO-Kondisi jalan retak dan ambles di beberapa titik di Kecamatan Slahung semakin memprihatinkan. Kerusakan jalan tidak kunjung diperbaiki dengan alasan kewenangan ada di Pemprov Jatim.'Kami tak bisa berbuat banyak,'kata Purwadi,petugas pemantau lapangan UPT Bina Marga,Dinas Pekerjaan Umum(DPU) Ponorogo,kemarin(31/1).
Meski begitu,menurut dia,pihaknya selama ini sudah berbuat maksimal membenahi kondisi jalur Ponorogo-Pacitan yang rusak itu.Terlebih,di dua titik terparah yang berada di kawasan Dusun Bukul,Desa Wates(Km 29) dan Dusun Krajan,Desa Tugurejo(Km 26).DPU Ponorogo juga sudah membuat rekomendasi perbaikan ke DPU Jawa Timur.'Awalnya,kami ajukan rekom dulu ke bupati sebelum dilayangkan ke provinsi,'paparnya.
Namun,lanjut Purwadi,jawaban dari provinsi hingga saat ini belum juga turun.Karena itu,dia mengaku tidak dapat berbuat banyak.Padahal,di dua titik yang rusak itu sulit dibedakan antara jalan dan comberan (selokan).'Yang jelas,setiap hari kami standby di dua titik tersebut.Terutama di titik Desa Tugurejo yang sangat parah,'ungkapnya.
Penjelasan nyaris senada juga diungkapkan Suyadi, petugas pemantau lapangan UPT Bina Marga.Kata dia, setiap hari ada sekitar empat petugas yang disiagakan. Usai melakukan pemantauan,mereka menyusun laporan perkembangan kondisi jalan untuk dilaporkan ke DPU setempat serta provinsi.'Untuk kewenangan perbaikannya,tentu pihak provinsi.Kami saat ini hanya sebatas memberikan laporan perkembangan kondisi jalan saja,'paparnya.
Di sisi lain,kian parahnya kondisi jalan ambles di Dusun Krajan,Desa Tugurejo,membuat warga setempat harus bekerja ekstra.Mereka siang dan malam bersiaga di sepanjang jalur itu.Bahkan,penerangan jalan sengaja dipasang mulai kemarin untuk mengurangi risiko kecelakaan pada malam hari.'Kami sudah siaga hingga malam bekerjasama dengan DPU.Kalau penerangannya minta PLN,'ujar Maryanto,koordinator keamanan di wilayah Tugurejo.(wka/hw)

No comments:

Post a Comment