Thursday, January 06, 2011

Lahar Dingin Terjang Ratusan Rumah


Lahar Dingin Terjang Ratusan Rumah  

Dandy Arigafur
06/01/2011 05:12
Liputan6.com, Probolinggo: Hujan deras yang terjadi Rabu (5/1) sore menyebabkan material Gunung Bromo terseret air hujan dan mengalir ke sejumlah sungai di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air bercampur material vulkanik Bromo membanjiri sejumlah wilayah yang dialiri Sungai Patalan, Sungai Kedung Galeng, dan Sungai Pesisir.

Ratusan rumah di enam kecamatan kini tergenang banjir lahar dingin Gunung Bromo. Di Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, hampir satu desa tergenang air setinggi hampir satu meter setengah.

Sejumlah warga di sekitar wilayah bencana sempat panik dan keluar rumah karena takut banjir lahar dingin makin membesar. Warga di Desa Pesisir, Kecamatan Sumber Asih menunggu surutnya air di rel kereta api yang posisinya lebih tinggi. Mereka juga sempat mengevakuasi hewan ternak ke daerah yang lebih tinggi.

Di tempat lain, jalan pantura antara Pasuruan-Probolinggo juga digenangi air bercampur material vulkanik Gunung Bromo. Hingga tadi malam di ruas jalan utama masih terjadi kemacetan panjang.(IAN)

No comments:

Post a Comment